|

Tanda Oli Mobil Anda Perlu Diganti

Hy Suzuki family …

Waktu penggantian oli tidak boleh dianggap sepele loh! Jika waktunya sudah tiba dan penggantiannya ditunda-tunda, kualitas oli semakin lama akan terus menurun. Mesin mobil pun akan terpengaruh sehingga menjadi rusak,

Jika Suzuki family masih banyak bingung kapan waktu yang tepat untuk ganti oli mobil. Ada yang berpendapat bahwa oli harus diganti saat kilometernya sudah menyentuh angka 5 ribu atau 10 ribu. Tak jarang juga orang mengatakan bahwa oli harus diganti setiap 6 bulan sekali.

Aturan ganti oli Mobil SUZUKI

Ketika mobil masuk ke bengkel untuk melakukan perawatan, biasanya terdapat tiga jenis oli yang harus diganti. Diantaranya :

  • Oli Mesin

Jenis oli yang paling sering diganti adalah oli mesin kendaraan karena fungsinya sangat vital. Untuk kapan waktu ganti oli bisa dicermati melalui km nya. Menurut beberapa buku manual biasanya mobil yang sudah mencapai 10.000 km harus diganti atau per 6 bulan sekali.

  • Oli Transmisi (Oli Perseneleng)

Berdasarkan buku manual/ buku servis untuk penggantian oli transmisi pada Mobil Suzuki Manual dilakukan per 20.000 Km (setahun sekali), dan di 40.000Km (dua tahun sekali ) pada Mobil Suzuki Matic.

  1. Oli Differential(Oli Gardan)

Sedangkan untuk oli gardan semuanya tergantung dari spesifikasi oli gardan, jumlah oli yang dibutuhkan, hingga jarak tempuh yang sudah dilalui. Jika melihat pandangan umum, maka oli gardan ini sama dengan oli transmisi yang penggantiannya dilakukan  setiap setahun sekali atau jarak tempuh kendaraan sudah menembus angka 20.000 kilometer.

Akibat jika tidak melakukan penggantian oli pada Mobil Suzuki secara rutin

Oli mobil yang jarang diganti akan berpengaruh dan membuat gesekan akan semakin kuat dan tarikan akan semakin berat. Hal tersebut menyebabkan mesin memerlukan sumber tenaga tambahan yang lain, yaitu bensin.

Jika kondisi seperti ini terus dibiarkan terjadi, bensin yang digunakan pada mobil akan menjadi cepat habis, selain itu juga akan menyebabkan terjadinya penururan kinerja mesin, mesin akan lebih cepat panas, komponen mesin rusak, sehingga hal ini akan membuat Suzuki family mengeluarkan uang lebih banyak karena harus melakukan pembongkaran mesin atau mengganti secara keseluruhan.

Suzuki family  tentu tak ingin bukan mengalami dampak ini hanya karena terlambat ganti oli mobil. Padahal selain mencermati aturan km, bisa juga dengan mengecek sticker oli yang selalu diberikan di bengkel resmi Suzuki DUTA CENDANA ADIMANDIRI

Selain itu, Bengkel Resmi Suzuki DUTA CENDANA ADIMANDIRI juga memudahkan Anda yang ingin servis atau mengganti oli dengan booking terlebih dahulu sehingga anda terhindar dari antrian.

Dapatkan segala kemudahannya dengan mengunjungi bengkel resmi kami, atau menghubungi kami untuk melakukan booking servis di :

  1. (0251) 8241123 / 8241124 CIAWI
  2. (0263) 263000 / 261553 CIANJUR
  3. (021) 7539888 DEPOK
  4. (021) 82437295 JATIASIH