Pengertian Torsi Mobil, Berikut Pengertian dan Fungsinya

Istilah torsi tak dapat dipisahkan dari otomotif, yang mewakili seberapa kuat kinerja sebuah mesin mobil. Torsi mobil selalu dikaitkan dengan daya dorong sebuah mesin.

Torsi memiliki beberapa definisi, selain daya dorong mesin. Dalam otomotif torsi mobil adalah suatu gerakan berupa dorongan yang terjadi antara piston dan poros engkol. Jika terjadi dorongan pada kedua bagian tersebut, maka akan menghasilkan suatu perputaran gerakan atau torsi.

Gerakan ini sering terjadi pada mobil, sehingga kendaraan tersebut bisa berfungsi dengan maksimal. Torsi mobil erat kaitannya dengan akselerasi, yang ditunjang dengan kinerja mesin yang digunakan.

Torsi sendiri dihasilkan dari kerja piston dan poros engkol mesin yang memberikan power pada mobil. Semakin enteng akselerasi pada mobil akan semakin, menunjukan kemampuan mesin yang baik. Kinerja mesin selalu dikaitkan dengan torsi dan daya kuda atau horsepower, yang biasanya digunakan untuk menghitung kemampuan mesin sebuah mobil.

Meskipun demikian harus dipahami bahwa torsi mobil berkaitan dengan akselerasi. Sementara horse power merujuk pada tenaga mobil, yang menghasilkan kecepatan.

Fungsi Torsi Mobil

Seperti diuraikan diatas torsi berfungsi sebagai daya dorong agar mobil mendapat akselerasi yang baik. Biasanya torsi mobil ditransfer ke bagian roda, yang kemudian ditransmisikan oleh perseneling pada susunan gigi mobil, untuk diatur dan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Torsi mobil berhubungan dengan putaran mesin yang menghasilkan tenaga pada unit kendaraan. Saat putaran mesin semakin cepat, maka tenaga mobil akan semakin meningkat secara otomatis, sehingga akselerasinya semakin meningkat. Begitu pun sebaliknya.

Sebagai daya dorong yang untuk menghasilkan tenaga mesin, torsi sangat berpengaruh pada kinerja mobil. Jadi ketika mesin mobil tidak bekerja maksimal sehingga mati saat gas ditekan artinya, daya dorong atau torsi mobil mengalami masalah atau tidak cukup dalam pemanasan untuk mendorong mobil.

Hubungan Torsi dan Tenaga

Daya dorong pada torsi yang menghasilkan akselerasi mobil, tak dapat dipisahkan dari tenaga yang dihasilkan mesin untuk membuatnya bergerak. Mobil akan berakselerasi ke titik maksimum dengan singkat dengan dorongan dan tenaga yang mumpuni dari mesin.Meskipun demikian, torsi tidak bisa dilepas begitu saja dari transmisi, karena di sanalah, ia diubah dan diatur oleh gearbox berdasarkan hitungan rasio gigi untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Hal ini berbeda dengan tenaga yang secara spontan didapat dari kinerja mesin, sehingga melesat saat pedal gas diinjak walaupun tetap diatur juga oleh transmisi.Dari penjelasan diatas dapat ditangkap bahwa mobil akan memiliki kinerja yang baik, jika torsinya maksimal. Hal ini ini akan memberikan sensasi berkendara yang nyaman karena pengemudi dapat merasakan tenaga yang maksimal dari torsi yang baik.

Perlu dicatat bahwa torsi punya peran penting saat mobil tengah diam, karena ia yang akan mendorong mobil untuk bergerak. Saat mobil diam, torsi akan mengalirkan ledakan dari proses pembakaran mesin untuk menggerakan mobil.Nantinya ledakan tersebut yang akan menjadi energi yang menggerakkan ban, serta meningkatkan akselerasi mobil, yang kemudian ditransmisikan di gearbox sesuai dengan rasio gigi.

Sementara itu, tenaga justru akan berperan saat mobil bergerak. Saat mobil bergerak, tenaga akan membantu roda untuk berputar lebih cepat. Sehingga, mobil akan memiliki kecepatan yang dibutuhkan oleh pengemudi.

Berkaitan dengan itu, perawatan mesin menjadi kunci untuk memaksimalkan kinerja mesin agar menghasilkan torsi dan tenaga maksimal. Selalu lakukan perawatan mobil secara berkala di bengkel resmi Suzuki dengan cara mengunjungi website  https://suzukidutacendana.co.id/ lalu pilih halaman servis untuk membooking jadwal servis yang sesuai dengan keinginan anda.