• Contcat Us
Tuesday, August 19, 2025
Dutacendana.co.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Home
  • Berita
  • Kendaraan Listrik
  • Mobil
  • Motor
  • Modifikasi
  • TIps & Trik
  • Home
  • Berita
  • Kendaraan Listrik
  • Mobil
  • Motor
  • Modifikasi
  • TIps & Trik
No Result
View All Result
Morning News
No Result
View All Result
Home Mobil

Mundur 18 Tahun, Target Baru Zero ODOL Diterapkan 2027

Bima Baskara by Bima Baskara
August 19, 2025
in Mobil
0
Mundur 18 Tahun, Target Baru Zero ODOL Diterapkan 2027
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kebijakan zero Over Dimension Over Loading (ODOL) yang direncanakan pemerintah diharapkan mulai berlaku pada tahun 2027, menandai perjalanan panjang sejak gagasan ini dilontarkan pada 2009. Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi menyatakan bahwa penanganan kendaraan yang melebihi kapasitas telah direncanakan lama, tetapi implementasinya sering tertunda karena berbagai alasan.

Pemerintah telah mengatur sanksi bagi pelanggar berdasarkan UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), yang mencakup penilangan, transfer muatan, dan larangan bagi kendaraan pelanggar untuk melanjutkan perjalanan. Segala tindakan ini diambil untuk memastikan keselamatan transportasi di jalan raya.

READ ALSO

Bahlil Sebut Indonesia Siapkan Ekosistem Baterai EV dan Target Waktu Realisasinya

Hasil Penjualan Mobil GIIAS 2025 Diprediksi Meningkat pada Agustus

Dudy Purwagandhi menekankan bahwa penerapan kebijakan zero ODOL sangat penting, terutama untuk angkutan barang, guna mencegah kecelakaan serta meningkatkan keselamatan jalan. Dengan demikian, masyarakat diharapkan dapat menerima manfaat dari berbagai langkah yang diambil untuk menanggulangi masalah ini.

Proses Panjang Kebijakan Zero ODOL yang Dibahas Sejak 2009

Sejak tahun 2009, rencana zero ODOL telah menjadi agenda penting dalam pengaturan lalu lintas di Indonesia. Meskipun telah ada diskusi mengenai hal ini, realisasi kebijakan yang sebenarnya tetap mengalami penundaan karena berbagai faktor, termasuk protes dari pengemudi dan pelaku usaha logistik.

Pada tahun 2017, upaya untuk menerapkan zero ODOL mulai kembali digencarkan, namun hasilnya masih jauh dari harapan. Banyak pihak yang menanggapi rencana ini dengan skeptisisme, bergerak lambat dalam mendukung implementasi kebijakan tersebut.

Perencanaan yang lebih konkrit dilakukan pada tahun 2019, tetapi kembali terhambat oleh keberatan dari Kementerian Perindustrian. Hal ini menunjukkan betapa kompleksnya situasi yang melibatkan berbagai instansi pemerintah dalam menyepakati kebijakan yang dianggap penting ini.

Kesepakatan Baru Menuju Penerapan pada Tahun 2027

Meski telah ada kesepakatan sebelumnya mengenai penerapan zero ODOL pada awal tahun 2023, pada pertengahan 2025, situasi kembali berubah. Pemerintah memutuskan untuk menetapkan target baru yang lebih realistis, yang kini adalah tahun 2027 sebagai waktu penerapan kebijakan tersebut.

Menyusul kesepakatan tersebut, pemerintah bersama DPR RI dan Aliansi Pengemudi Independen (API) membentuk tim untuk merumuskan kebijakan terkait. Usaha ini mengindikasikan bahwa ada perhatian lebih dari pemerintah, khususnya Presiden Prabowo Subianto, terhadap urgensi implementasi zero ODOL.

Dalam pernyataannya, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyebutkan bahwa presiden sangat memperhatikan masalah ODOL. Poin ini menunjukkan betapa seriusnya pemerintah mengatasi isu ini yang berkaitan langsung dengan keselamatan di jalan raya.

Dampak Negatif dari Kendaraan ODOL di Indonesia

Kendaraan yang melanggar kebijakan ODOL telah menjadi penyebab utama banyak masalah di Indonesia. Hal ini mencakup kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan luka-luka dan korban jiwa serta kemacetan yang dapat mempengaruhi kegiatan perekonomian.

Menurut data Korlantas Polri, pada tahun 2024, tercatat sebanyak 27.337 kejadian kecelakaan yang melibatkan angkutan barang. Statistik dari Jasa Raharja menunjukkan bahwa kendaraan ODOL adalah penyebab kedua terjadinya kecelakaan, dengan angka kematian mencapai 6.390 jiwa.

Selain itu, kendaraan ODOL juga berdampak negatif pada infrastruktur jalan. Diperkirakan membutuhkan anggaran sekitar Rp43,47 triliun setiap tahun untuk melakukan perbaikan jalan-rusak akibat kendaraan tersebut, yang menyulitkan pengelolaan infrastruktur transportasi negara.

Tags: BaruDiterapkanMundurODOLTahunTarget

Related Posts

Bahlil Sebut Indonesia Siapkan Ekosistem Baterai EV dan Target Waktu Realisasinya
Mobil

Bahlil Sebut Indonesia Siapkan Ekosistem Baterai EV dan Target Waktu Realisasinya

August 18, 2025
GIIAS Banyak Pengunjung, Gaikindo Harap Bukan Rojali dan Rohana
Mobil

Hasil Penjualan Mobil GIIAS 2025 Diprediksi Meningkat pada Agustus

August 18, 2025
Penyebab Penjualan Sepeda Motor Menurun Menurut Honda
Mobil

Penyebab Penjualan Sepeda Motor Menurun Menurut Honda

August 17, 2025
Penjualan Denza D9 Juli 2025 Turun Namun Tetap Lebih Tinggi dari Alphard
Mobil

Penjualan Denza D9 Juli 2025 Turun Namun Tetap Lebih Tinggi dari Alphard

August 17, 2025
Banderol Atto 1 Belum Termasuk Charger di Rumah, Berapa Harganya?
Mobil

Banderol Atto 1 Belum Termasuk Charger di Rumah, Berapa Harganya?

August 16, 2025
Skema Cicilan Mobil Listrik Murah Atto 1 Mulai Rp1 Jutaan Per Bulan
Mobil

Lebih dari 4 Ribu SPK Dicapai di GIIAS 2025

August 16, 2025

Berita Terkini

Bahlil Sebut Indonesia Siapkan Ekosistem Baterai EV dan Target Waktu Realisasinya

Bahlil Sebut Indonesia Siapkan Ekosistem Baterai EV dan Target Waktu Realisasinya

August 18, 2025
Pembeli Mobil Listrik Dapat Berita Tidak Mengecewakan

Pembeli Mobil Listrik Dapat Berita Tidak Mengecewakan

August 6, 2025
Program Langganan Baterai VinFast Tersedia untuk Semua Model Mulai 1 Agustus

Program Langganan Baterai VinFast Tersedia untuk Semua Model Mulai 1 Agustus

August 11, 2025
Pabrik Baru VinFast di India Siap Menjadi Basis Ekspor di Asia

Pabrik Baru VinFast di India Siap Menjadi Basis Ekspor di Asia

August 7, 2025

Network

Beritariau
BitcoinNews
simplenews
rs-medikabsd
upload
ibnusutowohospital
ademsari
dermaluz
jiexpo
donghan
icconsultant
metroindo
bentogroup
gatranews
kacapatri
gemilangsukses
siomom
situskita
masyumi
dapurdia
baginasipagi
bacaajadulu
sukagaming
sobatsandi
ragaminspirasi
salamdokter
buser
morindonews
wordpres
sigarmas
infotekno
metroproperti
siarandigital
corinedefarme
rhinocorp
cloudmedia
amornews
newsbreak
csms
newszonamerah
dutacendana
mediahub
ihsg
diksinews
publikita
hostija
suarakita
warga
pyramedia
eratv
analisanews
ayonet
getkurs
senjupremium
ppob-btn
sekoja
kasmaranjokowi
sigmanews
suarapetirnews
getjobs
beritakarya
sekolahpenerbangan

Logo Dutacendana

Jl. Tanjung Duren Dalam No.18, Grogol Petamburan, Jakarta Barat (11470)
+62812 6888 0169
[email protected]

Follow us

Categories

  • Berita
  • Kendaraan Listrik
  • Mobil
  • Modifikasi
  • Motor
  • TIps & Trik

Recent Posts

  • Mundur 18 Tahun, Target Baru Zero ODOL Diterapkan 2027
  • Brio Jadi Andalan Saat Honda Raih Hampir 2000 SPK di GIIAS 2025
  • Suburban, SUV dengan Sejarah Panjang yang Masih Populer Hingga Kini
  • Kota Tua Jakarta Banyak Dikunjungi Wisatawan saat Libur HUT ke-80 RI Capai Puluhan Ribu

    Copyright © 2025 Dutacendana.co.id - Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang by. Dutacendana.co.id.

    No Result
    View All Result

      Copyright © 2025 Dutacendana.co.id - Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang by. Dutacendana.co.id.

      Welcome Back!

      Login to your account below

      Forgotten Password?

      Retrieve your password

      Please enter your username or email address to reset your password.

      Log In